Sejarah Munculnya Hantu Vampir China atau Disebut Jiangshi

 


Setiap masyarakat memiliki berbagai makhluk yang menyerupai vampir. Vampir adalah makhluk yang telah bangkit dari kematian dan harus mempertahankan diri dengan menarik kekuatan hidup dari makhluk hidup. (darah, susu, air mani, napas). 

 

Vampir China disebut sebagai Jiangshi (殭屍) yang  berarti “keras atau “kaku”, Jiangshi adalah kata yang awalnya digunakan  untuk menyebut  mayat yang memiliki jiwa terkutuk yang kaku yang disebabkan oleh rigor mortis dan tidak dapat bergerak melampaui lompatan, seperti mayat hidup, dengan lengan yang selalu terentang ke depan untuk menjaga keseimbangan.



Kulit mereka putih kehijauan, seringkali dalam keadaan membusuk dan mereka paling sering digambarkan dalam seragam dinas seorang birokrat Dinasti Qing. Hal ini sungguh ironi karena perilaku mereka lebih mirip sebagai zombi dibandingkan dengan orang bangsawan yang terpelajar. 

 

Seperti halnya semua legenda cerita rakyat, Jiangshi memiliki banyak sekali penghalang yang dapat menghambat mereka untuk menyakiti manusia. Mereka dapat ditolak oleh cermin, panggilan ayam jantan, kuku keledai hitam, dan kayu pohon persik. 


Dikatakan mayat yang bisa bertransformasi menjadi vampir jahat adalah disebabkan oleh penguburan  dari mayat tersebut yang tidak tepat, adanya ritual magis yang dilakukan saat masih hidup, insiden bunuh diri, atau kerasukan oleh iblis jahat. 


Vampir Jiangshi ini juga tidak bisa melihat dikatakan mereka mendeteksi manusia dari nafas yang mereka buat. Karbondioksida yang mereka hempaskan adalah sinyal bagi vampir untuk bisa mendeteksi keberadaan makanan mereka. Oleh karena itu jika  kita bertemu vampir china maka kita tinggal menafan nafas saja maka kita akan aman.



Kisah asal mula sebenarnya hampir sama anehnya. Dulu saat Dinasti Qing (1644–1912) lazim bagi pekerja migran yang bekerja jauh dari rumah, maka mereka akan dikembalikan untuk penguburan yang layak ketika mereka meninggal, agar roh mereka yang telah meninggal menjadi rindu kampung halaman.



Karena kekurangan dana untuk transportasi, keluarga yang berduka akan membayar 'pengemudi mayat' dalam hal ini adalah vampir china untuk melakukan pekerjaan dengan necromancy. 

 

Pengemudi mayat ini dikatakan secara ajaib mengikat pergelangan tangan, pergelangan kaki dan lutut mayat, memaksanya berdiri, dan kemudian dengan tongkat panjang akan mendorong dan menyodok mayat sehingga mereka melompat pulang dengan tenaga mereka sendiri. 

 

Cerita lain berbicara tentang ketukan drum yang memiliki ritme sehingga mereka akan melompat sesuai dengan ketukan tersebut. Ada juga yang menyebut suara lonceng adalah ritme yang digunakan untuk mengatur mayat hidup tersebut.

 

 Mayat yang melompat-lompat ini akan melakukan perjalanan pada malam hari untuk meminimalkan pembusukan, sementara pendeta yang memimpin prosesi membunyikan bel untuk mencegah orang yang lewat menatap Jiangshi karena dianggap sebuah kesialan, bahkan ketika mereka menghisap darah manusia.



Barisan orang yang baru saja meninggal ini sebenarnya diangkut dengan tiang bambu, dijejerkan seperti kemeja tua di rak pakaian, dan dipikul sepanjang malam di pundak dua pria. Lenturan tiang-tiang bambu saat mereka lewat menciptakan ilusi mayat-mayat yang 'memantul' jika dilihat dari jauh.



Catatan lain tentang pengemudi mayat merinci satu sosok dengan jubah tebal, wajahnya disembunyikan oleh topeng berkabung, yang membawa mayat di punggung mereka - seorang pria di depan menerangi jalan dengan satu lentera dan memanggil rintangan ke orang malang di jalan. belakang.

 

Ada satu kisah menarik tentang kesaksian orang yang katanya pernah melihat vampir china (Jiangshi) ini. Dilaporkan ada warga china yang pernah melihat vampir Jiangshi saat dia berada di ladangnya. Saat itu siang hari dia melihat seseorang berdiri tegak dengan tangan menjulur ke depan di ladangnya.

 

Seketika orang itu melompat namun lompatannya sangat tinggi hingga mencapai  4 meter  dan lama-lama orang itu menjauh. Kisah ini belum sepenuhnya benar bisa saja dia hanya berbohong untuk mencari perhatian masyarakat.

 

Dibalik itu semua hantu vampir Jianshi telah menginspirasi banyak sekali film yang populer pada zamannya. Antara lain adalah The New Mr Vampire tahun 1987, Happy Ghost tahun 1984, The Era of Vampire (2003), dll.

Post a Comment