Kumpulan Kisah Hantu Pocong Populer di Indonesia

 


Pocong adalah salah satu hantu yang sering diceritakan di Indonesia. Pocong selalu menjadi ikon perhatuan di Indonesia karena di luar negeri hantu pocong tidak pernah ditemukan. Termasuk juga di Arab Saudi yang  juga memiliki jumlah pemeluk agama islam terbanyak seperti Indonesia hantu ini tidak ditemukan. Padahal orang mati di islam baik di Arab ataupun di Indonesia, sama-sama dibalut kain kafan.

Sejarah pocong diawali saat ada seseorang yang lupa melepas tali kain kafan (tali pocong) dari seorang muslim yang sudah wafat. Hal inilah yang memicu arwah dari si pocong gentayangan dan menghantui orang-orang yang masih hidup. Pocong akan selalu meminta kepada setiap orang agar tali pocongnya dibuka sehingga dia bisa hidup tenang di alam sana.

Orang-orang yang melihat pocong, mendeskripsikan apa yang mereka lihat berbeda-beda. terkadang dia melihat pocong yang wajahnya bersih putih, ada yang menemukan pocong dengan wajah menyeramkan penuh luka dan belatung di wajahnya. Ada juga yang menemukan pocong dengan ekspresi datar ada juga yang menangis ataupun tertawa.

Dalam tradisi masyarakat Indonesia, pocong dihubungkan dengan ritual kematian dan pemakaman. Ada keyakinan bahwa seseorang yang meninggal harus dimakamkan dengan tepat dan ritual yang benar agar rohnya dapat berpindah ke alam lain dengan tenang. Jika pemakaman tidak dilakukan dengan benar, roh si mayat bisa menjadi pocong dan berkeliaran di dunia ini.

Meskipun begitu, pocong sering muncul dalam cerita-cerita horor di Indonesia dan menjadi salah satu tokoh legendaris yang paling terkenal di Indonesia. Beberapa orang juga percaya bahwa mereka bisa bertemu dengan pocong di kuburan pada malam hari atau di tempat-tempat tertentu yang dianggap angker.


Kisah-kisah Populer Mengenai Pocong di Indonesia


1. Pocong Sumi



Sumi adalah pocong perempuan yang sangat terkenal yang menempati sebuah rumah tua di Kotagede Yogyakarta.  Diceritakan dahulu kala rumah tersebut merupakan rumah yang memiliki usaha batik. Sumi tinggal bersama suaminya dirumah tersebut. Suatu hari suami Sumi pergi untuk melakukan perjalanan bisnis dan Sumi tinggal sendirian di rumah tersebut. 

Ternyata ada tiga perampok yang tengah mengintai rumah tersebut sejak lama. Mereka memanfaatkan momen rumah sepi tersebut dan akhirnya terjadi perampokan dan pemerkosaan pada Sumi. Tiddak hanya diperkosa Sumini juga dibunuh secara Sadis dengan dicekik lehernya hingga meninggal dunia. 

Sejak insiden tragis tersebut banyak sekali saksi mata yang menuturkan jika sering melihat penampakan pocong perempuan di tempat tersebut. Makhluk astral tersebut dikatakan memiliki wajah orang jawa kuno dan selalu dikaitkan dengan kasus Sumi.

Saking viralnya rumah pocong Sumi ini banyak sekali youtuber-youtuber misteri yang datang ke rumah tersebut untuk berinteraksi langsung dengan sosok pocong tersebut. 


2. Pocong Lonthong Pemghuni Jembatan Kecamatan Borobudur Magelang


Kisah yang cukup populer lainnya adalah kisah tentang pocong yang menempati jembatan desa di  desa Kebonsari Kecamatan Magelang. Jembatan tersebut sudah lama terkenal angker dan banyak sekali orang yang melihat penampakan disana.

Pocong di jembatan tersebut dijuluki sebagai Lonthong dan sering sekali menampakkan wujudnya kepada masyarakat sekitar.

Salah satu channel youtube yang pernah meliputnya adalah Suropati Channel yang mencoba untuk bermediasi dengan sang pocong melalu perantara kerasukan.

Salah satu pengakuan pocong Lonthong adalah jika dia mudah merasuki orang jika orang tersebut merasakan ketakutan yang besar. 

"Jika kita tidak takut pada si pocong, maka dia akan kesulitan juga untuk merasuki kita." Kata Hendra Ardianto salah satu pembawa acara di Suropati Channel. 


3. Pocong Ningrum


Salah satu kisah yang juga sempat viral adalah kisah pocong Ningrum di Malang. Pocong ini menempati sebuah rumah yang sering menampakkan wujudnya pada orang-orang. Sayangnya oleh penutur cerita, rumah dari pocong ini dirahasiakan.

Dikisahkan ningrum adalah seorang perempuan di desa tersebut yang diperkosa oleh orang. Hal inipun diadukan pada pemuka desa. Anehnya pelaku pemerkosaan tidak diadili namun justru Ningrum yang dihukum pasung.

Akhirnya ningrum stress dan meninggal dunia. Sejak saat itulah pocong Ningrum sering menghantui warga desa.  Banyak sekali orang yang pergi kesana melaporkan jika sempat melihat penampakan pocong yang diduga ningrum tersebut. 


Itulah beberapa kisah hantu pocong populer di Indonesia yang sampai saat ini dikabarkan masih banyak orang yang melihat penampakan mereka. Mau percaya atau tidak adalah urusan masing-masing. Terima kasih sudah membaca.

Post a Comment